PENGERTIAN MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI

Manajemen proyek konstruksi







Manajemen proyek konstruksi merupakn suatu proses penerapan fungsi-fungsi hal yang berkaitan dengan manajemen seperti (perencanaan, organisasi, pelaksanaan , koordinasi dan evaluasi) secara sistimatis pada suatu proyek dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien agar tercapai tujuan proyek yang telah di tentukan secara optimal. Dan yang dimaksud dengan proyek konstruksi adalah suatu usaha/kegiatan untuk mencapai  tujuan tertentu yang dibatasi oleh waktu dan sumber daya yang terbatas dengan langkah-langkah yang tepat . 
     Sehingga pengertian proyek konstruksi adalah suatu upaya untuk mencapai  hasil dalam bentuk fisik bangunan atau infrastruktur. Bangunan ini pada umumnya mencakup berbagai bidang dan disiplin ilmu dan terhadap pekerjaan pokok di dalamnya bidang teknik sipil dan arsitektur, juga tidak jarang melibatkan disiplin lain seperti teknik industri, teknik mesin, elektro dan sebagainya.Proyek konstruksi adalah suatu rangkaian kegiatan yang sifatnya hanya dilakukan satu kali dan pada umumnya proyek konstruksi memiliki jangka waktu yang pendek. 
     Didalam suatu rangkaian kegiatan proyek konstruksi tersebut, biasanya terdapat suatu proses yang berfungsi untuk mengelola sumber daya proyek sehingga dapat menjadi suatu hasil kegiatan yang pada akhirnya menghasilkan sebuah bangunan. Adapun proses yang di tempuh dalam rangkaian kegiatan tersebut tentunya akan melibatkan pihak-pihak yang terkait baik secara langsung maupun tidak langsung. 
     Dengan adanya keterlibatan beberapa pihak dalam sebuah proyek konstruksi maka hal ini dapat menyebabkan potensi terjadinya konflik juga sangat besar sehingga dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa proyek konstruksi sebenarnya mengandung konflik yang cukup tinggi dan unik sehingga harus ada tindakan yang bijak dalam mengelola potensi konflik tersebut .

_____________________________________________________

Comments