PENGERTIAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DAN METODE PENYUSUNAN

PENGERTIAN RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)  DAN METODE PENYUSUNAN





                Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pada suatu proyek adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk mengetahui kebutuhan biaya yang harus disediakan  dan untuk mengetahui lebih detail item-item pekerjaan yang besar pengeluaran biaya sebagai langkah awal dalam mengantisipasi proses dan tahapan pembangunan konstruksi sebelum dilaksanakan.
Dan yang dimaksud dengan RAP ( Rencana Anggaran Pelaksanaan Proyek ) merupakan penjabaran dari RAB dan di gunakan sebagai acuan rekanan dilapangan saat proses konstruksi dikerjakan untuk memperkirakan biaya pasti yang mesti di hitung secara riil.
Rencana Anggaran Biaya adalah suatu estimasi banyaknya biaya yang dibutuhkan berkaitan dengan upah, bahan, biaya tukang, material, maupun hal lain yang mempengaruhi kebutuhan progres pembangunan dalam sebuah pekerjaan proyek konstruksi. Rangkaian Daftar ini berisi tentang volume, harga satuan, serta total harga keseluruhan yang harus di perbarui setiap saat dari berbagai macam jenis material dan upah tenaga yang dibutuhkan untuk pelaksanaan proyek tersebut, terdiri dari : 
Rekapitulasi Harga
Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Daftar Analisa Harga Satuan.
Daftar Harga Upah Dan Bahan
Time Schedule (Kurva S).
Perhitungan Volume Dan Back-up    Data
Gambar perhitungan
Proses Penyusunan RAB (Rencana Anggaran Biaya) secara terperinci dan detail pada dasarnya membutuhkan 5 hal utama yang paling mendasar, yaitu bestek dan gambar-gambar bestek, daftar upah terbaru, daftar harga bahan-bahan (material) yang sesuai, daftar analisis harga satuan, serta daftar volume yang akurat tiap jenis pekerjaan yang ada. Dengan adanya daftar tersebut dapat saling memberikan gambaran  umum dan terarah suatu kegiatan pembangunan melalui petunjuk-petunjuk tersebut hingga akhirnya dapat tersusun suatu rangkaian anggaran biaya dan menjadi acuan dasar saat pembangunan. Di dalam RAB terdapat analisis harga satuan pekerjaan. Analisis harga satuan pekerjaan merupakan analisis bahan dan upah untuk membuat satu satuan pekerjaan tertentu.
           
___________________________________________________

Comments