PENGERTIAN TULANGAN GESER BALOK BETON


Tulangan Geser Pada Balok




STANDAR PERENCANAAN TULANGAN GESER MENURUT SNI
Fungsi dari suatu tulangan yang terdapat dalam beton bertulang untuk menahan gaya geser yang terjadi saat ada beban dan sesuai dengan fungsinya maka dinamakan tulangan geser atau tulangan sengkang atau tulangan transversal (stirrup). Tujuan dan fungsi dari penggunaan tulangan geser sanagat diperlukan untuk menahan suatu gaya tarik yang timbul dari arah tegak lurus sebagai pencegahan retak yang diakibatkan oleh gaya geser. Ada berbagai macam cara untuk pemasangan tulangan geser sebagai berikut :
  • Tulangan geser aras vertikal
  • Tulangan geser posisi miring / diagonal
  • Tulangan geser bentuk spiral
  • Tulangan lentur yang dibengkokkan
          Posisi retak geser terletak dan terjadi secara diagonal pada badan balok atau posisi di tumuan lapangan sehingga saat perletakan tulangan geser yang sangat efektif adalah tulangan geser dengan posisi miring / diagonal arah tegak lurus dari muncul retak, sehingga fungsi tulangan hanya menahan gaya tarik saja yang berasal dari gaya retak tersebut, tetapi tentunya dengan menggunakan metode semacam ini akan memakan biaya yang besar dan teknik kerja saat pemasangan yang lebih sulit.

         Begitu juga berkaitan dengan model tulangan geser spiral meskipun akan efektif dalam menahan gaya geser yang muncul tapi sulit dalam teknik pemasangan saat pelaksanaan pekerjaan dan sekaligus lebih mahal dari segi biaya. Dalam pekerjaan semacam ini yang paling diminati dan paling banyak digunakan karena lebih mudah pengerjaannya dalam perencanaan struktur adalah tulangan geser vertikal.

_________________________________________________

Comments