MENYUSUN TIME SCHEDULE PELAKSANAAN PEKERJAAN DENGAN KURVA S

LANGKAH MEMBUAT TIME SCHEDULE PELAKSANAAN PEKERJAAN DENGAN KURVA S

 Microsoft Excel adalah salah satu bagian aplikasi Induk Microsoft yang biasa digunakan oleh banyak kalangan dalam berbagai kegiatan dengan fungsi aplikasi yang tersedia sangat bermamfaat . Bahkan sudah mulai di perkenalkan mulai anak SD sampai SMA  tentang dasar-dasar yang diajarkan materi Excel, bahkan pada tingkatan yang lebih tinggi di gunakan para pekerja kantor pun dituntut untuk bisa menjalankan aplikasi dan belajar Microsoft Excel. Dalam kesempatan ini akan berbagi pengetahuan tentang cara / proses saat membuat time schedule pelaksanaan proyek konstruksi menggunakan kurva S Microsoft Excel. Dalam pemaparan cara pembuatan grafik ini digunakan aplikasi versi Microsoft excel 2010.1. Tahapan yang paling awal dilakukan adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all program, Microsoft office, Microsoft excel.2. selanjutnya siapkan sebuah sheet data pekerjaan, untuk di sajikan menjadi sebuah grafik. seperti tersebut di bawah ini.

Keterangan : Bobot diperoleh dari harga pekerjaan : Total x 100

3. Setelah menginput data persentase pekerjaan seperti gambar di atas, Oleh karena itu dalam menentukan jadwal kapan dimulai dan kapan akan berakhirnya suatu pekerjaan berdasarkan grafik.

4. Tahapan berikutnya yaitu menyusun jadwal kegiatan lapangan dan merencanakan berapa lama suatu pekerjaan akan dilaksanakan. Menggunakan metode dengan membagi jumlah item bobot pekerjaan dan menempatkan hasil pembagiannya pada item waktu pelaksanaan.

5. setelah tahapan/proses input semua data dilakukan, selanjutnya memasuki tahapan dimulai nya proses membuat grafik. pertama klik menu Insert, maka nantinya akan muncul jendela Chart Wizard seperti pada gambar di berikut ini.

6. Saat sudah muncul menu seperti di gambar di atas, maka selanjutnya dipilih/ klik model grafik yang di inginkan, terdapat pada menu All Chart type (Jenis Grafik) dengan berbagai pilihan model, tinggal di pilih grafik kolom, seperti contohnya seperti gambar di atas, atau grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain nya.Dalam contoh pembuatan grafik ini kita pilih saja Chart Type line dan line with markers.

Keterangan : Pilih dan input data pada lingkaran merah. Maka langsung akan terbentuk grafik seperti diatas. Tahapan selanjutnya dengan mengedit grafik agar tampilannya lebih menarik sesuai keperluan.

7. Ketika grafik schedule sudah muncul, maka untuk membuat manjadi tampilan transparan yaitu dengan cara klik menu Format Chart area yang muncul, seperti contoh gambar berikut :

8. Setelah nya tinggal mengikuti langkah seperti diatas, maka nanti nya akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Terimakasih selamat mencoba.

_______________________________________________

Comments