HARGA EMAS DUNIA DALAM RUPIAH DAN GRAM

 MENGHITUNG HARGA EMAS INTERNATIONAL DALAM RUPIAH DAN GRAM

            Harga emas di wilayah Indonesia mengacu pada bebarapa faktor yang sangat mempengaruhi pergerakan (Fluktuatif) dari harga pasaran emas di dunia seperti di London dan Kota New York. Berdasarkan standarisasi umum yang sudah digunakan dan dilihat pada Media dan Grafik adalah harga emas dalam satuan tray ounce.

1 tray ounce / toz. setara dengan 31.1 gr.

Untuk menghitung nya menggunakan rumus berikut . Misalnya jika ingin mengetahui harga emas dalam negeri, maka kita akan mengupdate harga emas International terlebih dahulu dan berikut nya akan di konfirmasi berdasarkan pergerakan Harga dalam bentuk Tray dan Nilai tukar mata Uang Rupiah, karena dua hal tersebut yang sangat menentukan harga Emas pergram setelah di konversi nantinya. Harga emas di indonesia berpacu pada BUMN PT.Antam Tbk ( https://www.antam.com/en/precious-metal-price), Jika kita mendapat harga di Web Site PT. ANTAM Tbk harga emas berkisar $1,911 /toz.

Maka selanjut nya kita Konversika satuan berat tray ounce menjadi satuan gram terlebih dahulu dengan cara:

Harga Per hari ini di Grafik PT.ANTAM Tbk : $1,911 (https://www.antam.com/en/precious-metal-price)

$1,911 / 31.1 = $61.45 

Setelah mendapatkan berat $61.45 dollar / gram kita dapat mengkonversikan kedalam rupiah dengan cara mengkali kan kurs rupiah :

Berdasarkan Data Terbaru di Situs EXCHANGE-RATES.ORG 1$ sama dengan Rp 14.701

$61.45 x Rp. 14.701 (simulasi rate nilai tukar USD / IDR) = Rp.903,376 rupiah / gram.

Demikian cara dalam melihat dan mengupdate Pergerakan Harga Emas Dunia dan dalam negeri, hal lain tentunya sangat banyak yang dapat mempengaruhi pergerakan naik turun harga emas, diantara seperti suku bunga THE FED (Bank Central Amerika Serikat), Stabilisasi keamanan dunia, dan Item lainnya yang bersifat mempengaruhi harga pasar dunia. 


Gambar a.1 : Grafik Harga Emas di Website PT. ANTAM per tanggal 22/09/2020
               
_________________________________________________________________________


Comments